LAPORAN PENDAHULUAN PNEUMOTHORAX PDF

LAPORAN PENDAHULUAN PEB – Download as Word Doc .doc /.docx), PDF Nindy Yuliawati · Lp Pneumothorax. Uploaded by. Nindy Yuliawati · lp alo fix. TENSION PNEUMOTHORAX. Pediatric Respirology Division. 1. Pediatric Respirology Division. Helmi Lubis, dr, SpAK. Ridwan M. Daulay, dr, SpAK. Wisman. A two year old baby was appointed to FK UKI’s hospital with diagnosis of suspect HIV, pneumothorax and pneumonia. He suffered from dyspnoe, extended.

Author: Samuhn Zuzragore
Country: Bosnia & Herzegovina
Language: English (Spanish)
Genre: Travel
Published (Last): 5 October 2016
Pages: 323
PDF File Size: 19.39 Mb
ePub File Size: 16.11 Mb
ISBN: 566-2-12877-232-1
Downloads: 86145
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Karn

Lp Pneumothorax Home Lp Pneumothorax. LP Pneumothorax Sayang pneumothorak. Pneumothorax tension referat refrat Pneumothorax tension. Laporan Pendahuluan Pneumothorax kesehatan.

Pemeriksaan Radiologi Pneumothorax General case pneumothorax. Laporan Pendahuluan Pneumothorax wertyu. Makalah Open Pneumothorax Klp 1 makalah open pneumothorax. Anatomi dan Fisiologi Paru-paru merupakan sebuah alat tubuh yang sebagian besar terdiri dari gelembung hawa, alveoli. Gelembung alveoli ini terdiri dari sel-sel epitel dan endotel.

Jika dibentangkan luas permukaannya lebih kurang 90 m 2. Banyaknya gelembung paru-paru ini kurang lebih Paru-paru dibagi dua, paru-paru kanan terdiri dari tiga lobus, lobus pulmo dekstra superior, lobus media dan lobus inferior.

Tiap lobus tersusun oleh lobulus. Paru-paru kiri terdiri dari pulmo sinistra lobus superior dan inferior. Tiap lobus terdiri dari belahan yang bernama segmen kemudian lobulus yang berisi bronkhiolus yang bercabang banyak disebut duktus alveolus berakhir pada alveolus yang diameternya 0,3 mm. Paru-paru terletak dirongga dada datarannya menghadap ketengah rongga dada kavum mediastinum. Pada bagian tengah terdapat tampuk paru atau hilus. Paru-paru dibungkus oleh selaput yang disebut pleura, terbagi dua, pleura viseral dan pleura parietal.

Antara keduanya terdapat kavum pleura. Pada keadaan normal, kavum pleura ini vakum hampa udara sehingga paru-paru dapat berkembang kempis. Proses terjasinya pernapasan terbagi dalam dua bagian yaitu inspirasi dan ekspirasi. Bernapas berarti melakukan inspirasi dan ekspirasi secara bergantian, teratur, berirama dan terus-menerus. Oksigen dalam tubuh dapat diatur menurut keperluan.

Manusia sangat membutuhkan oksigen dalam hidupnya, kalau tidak mendapatkan oksigen selama 4 menit akan mengakibatkan kerusakan pada otak yang tak dapat diperbaiki dan bisa menimbulkan kematian. Kalau pasokan menimbulkan kacau pikiran, anoksia serebialis. Mengambil oksigen yang kemudian dibawa oleh darah keseluruh tubuh selselnya untuk mengadakan pembakaran.

Mengeluarkan karbon dioksida yang terjadi sebagai sisa dari pembakaran, kemudian dibawa oleh darah ke paru-paru untuk dibuang. Menghangatkan dan melembabkan udara. Pengertian Pneumothoraks adalah pengumpulan udara dalam ruang potensial antara pleural visceral dan parietal. Lebih tepat kalau dikatakan paru kolaps jaringan paru elastis. Pneumothorak dapat terjadi sekunder akibat asma, bronchitis kronis, emfisema.

Lp Pneumothorax – PDF Free Download

Etiologi Masuknya udara ke dalam rongga dapat melalui luka pada dinding dada, atau meluasnya radang paru-paru. Pada sapi bisa terjadi melalui diafragma, hal ini akibat tusukan benda tajam. Terdapat beberapa jenis pneumothorax yang dikelompokan berdasarkan penyebabnya: Pneumothoraks Spontan Terjadi tanpa penyebab yang jelas. Pneumothorax spontan primer terjadi jika pada penderita psndahuluan ditemukan penykait paru-paru.

  GUIA EXANI II 2008 PDF

Pneumothoraks ini diduga disebabkan pecahnya kantong kecil berisi udara di dalam paru-paru yang disebut bleb atau bulla. Pneumothorak spontan sekunder merupakan komplikasi dari penyakit paru-paru misalnya penyakit paru obstruktif menahun, asma, fibrosis kistik, tuberkulosis, batuk rejan.

Pneumothoraks Traumatik Terjadi akibat cedera traumatik pada dada. Traumanya bisa bersifat menembus luka tusuk atau tumpul benturan pada kecelakaan. Pneumothoraks juga bisa merupakan komplikasi dari tindakan medis tertentu misalnya torakosentesis. Bila akibat jatuh atau patah rusuk, sering akan kita temukan emfisema subkutan, karena pleura perietalnya juga mengalami kerusakan robek.

Ketegangan Pneumothoraks Pneumothoraks progresif menyebabkan kenaikan tekanan intrapleural ketingkat yang menjadi positif sepanjang siklus pernafasan dan menutup paruparu, pergeseran mediastinum, dan merusak vena kembali kejantung.

Air terus masuk kedalam rongga pleura tetapi tidak dapat keluar. Pneumothoraks Iatiogenik Disebabkan oleh intervensi medis, termasuk jarum trausthoracic aspirasi, thoracentesis, penempatan kateter vena pusat, pentilasi mekanik dan resusitasi pneumohhorax.

Patofisiologi Meningkatnya tekanan intra pleural sehingga akan menyebabkan kemampuan dilatasi alveoli menurun dan lama-kelamaan mengakibatkan atelektasis layuhnya paru-paru.

Apabila luka pada pendahuluna dada tertutup dan klien masih mampu bertahan, udara yang berlebihan dapat diserap hingga tekanan udara di dalam rongga pleura akan kembali normal. Karena adanya luka terbuka atau oleh pecahnya dinding paru-paru, kuman dapat terhisap dan berkoloni di dalam pleura hingga terjadi inspeksi pleuritis.

Jenis kuman penyebab radang yang terbanyak adalah F nechrophorum, pneummothorax Spp, dan streptococcus spp.

Oleh radang akan terbentuk exudat yang bersifat pnukopurulent, purulent akan serosanguineus yang disertai pembentukan jonjot-jonjot fibrin. Pada luka tembus dada, bunyi aliran udara terdengar pada area luka tembus. Jika tidak ditangani maka hipoksia mengakibatkan kehilangan kesadaran dan koma. Selanjutnya pergeseran mediastinum ke arah berlawanan dari area cedera dapat menyebabkan penyumbatan aliran vena kaca superior dan inferior yang dapat mengurangi cardiac preload dan menurunkan cardiac output.

Jika ini tidak ditangani, pneumothoraks makin berat dapat menyebabkan kematian dalam beberapa menit.

ekka zulva –

Robekan pada percabangan trakeobronkial menyebabkan Udara masuk ke paru dalamdan pergeseran mediastinum kolaps ke sisi yang tidak sakit. Sucking chest wound kavum pleura hipoksia Meningkatkan tekanan intra pleura Mengurangi Cardiac Preload koma atelektasis Intoleransi aktivitas Sesak napas Hambatan Mobilitas Fisik Intoleransi aktivitas Napas tidak efektif Penyumbatan aliran vena kava superior dan inferior Kehilangan kesadaran Kemampuan pneumtohorax alveoli menurun Pola Napas tidak efektif Pergeseran Mediastinum Menurunkan cardiac output kematian Nafsu makan menurun Nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh Intoleransi aktivitas Gangguan pola tidur E.

Tanda dan gejala Gejala dan tandanya sangat bervariasi, tergantung kepada pendahuluna udara yang masuk ke dalam rongga pleura dan luasnya paru-paru yang mengalami kolaps. Sesak nafas Dada terasa sempit Mudah lelah Denyut jantung cepat Warna kulit menjadi kebiruan akibat kekurangan oksigen. Gejala-gejala tersebut mungkin timbul pada saat istirahat akan tidur. Gejala lain yang mungkin ditemukan: Komplikasi Tension pneumathoraks dapat menyebabkan pembuluh darah kolaps, akibatnya pengisian jantung menurun sehingga tekanan darah menurun.

  BALSAM DLA DUSZY MIONIKA KONI PDF

Paru yang sehat juga dapat terkena dampaknya. Pneumothoraks dapat menyebabkan hipoksia dan dispnea berat. Kematian menjadi akhir dari pneumothoraks jika tidak ditangani dengan cepat.

Gambaran ancaman terhadap kehidupan pada pasien ekstrim yaitu pertimbangan tension pneumothoraks, nafas pendek, hypotensi, tachykardy, trachea berubah. Acute myocardial infarction Emphysema G. Pembalut plastik yang steril merupan alat yang baik, namun plastik pembalut kotak rokok selofan dapat juga digunakan. Pita selofan dibentuk segitiga salah satu ujungnya dibiarkan tebuka untuk memungkinkan udara yang terhisap dapat dikeluarkan. Hal ini untuk mencegah terjadinya tension pneumothoraks.

Celah kecil dibiarkan terbuka sebagai katup agar udara dapat keluar dan paru-paru akan mengembang. Blast injury or tention Jika udara masuk kerongga pleura disebabkan oleh robekan jaringan paru, perlu penanganan segera. Sebuah tusukan jarum halus dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan agar paru dapat mengembang kembali. Perawatan Per-hospital Beberapa paramedis mampu melakukan needle thoracosentesis untuk mengurangi tekanan intrapleura.

Jika dikehendaki intubasi dapat segera dilakukan jika keadaan pasien makin memburuk. Perwatan medis lebih lanjut dan evaluasi sangat dianjurkan segera dilakukan. Pendekatan melalui torakotomi anterior, torakomi poskerolateral dan skernotomi mediana, selanjutnya dilakukan diseksi bleb, bulektonomi, subtotal pleurektomi. Tinjauan Teoritis Keperawatan Pneumothoraks 1. Dispnea dengan aktivitas ataupun istirahat b. Nadi apical berpindah, hipertensi, hipotensi. Ketakutan, gelisah, penadhuluan, ansietas d.

Nyeri dada unilateral, meningkat karena pernapasan, batuk, tibatiba gejala sementara batuk atau regangan. Tajam dan nyeri, menusuk yang diperberat oleh napas dalam.

Berhati-hati pada area yang sakit Perilaku distraksi Mengerutkan wajah f. Takipnea, bunyi napas menurun atau tidak ada Peningkatan kerja napas Fremitus menurun Hiperresonan udarabunyi pekak cairan Gerakan dada tidak sama Kulit: Riwayat faktor risiko keluarga: TBC, Kanker Bukti kegagalan membaik 2.

Diagnosa Keperawatan dan Intervensi a. Pemahaman penyebab kolaps perlu untuk lapofan selang dada yang tepat. Distres pernapasan dan perubahan pendqhuluan tanda vital dapat terjadi sebagai akibat stress fisiologi dan nyeri. Meningkatkan penghilangan distress respirasi dan sianosis. Kurang pengetahuan berhubungan dengan kurang terpajan pada informasi, berulangnya masalah. Mempertahankan kesehatan umum, meningkatkan penyembuhan dan dapat mencegah kekambuhan. Intoleransi aktivitas berhubungan dengan kelemahan umum, penurunan akan ketahanan nyeri.

Lp Pneumothorax

Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan anoreksia Intervensi: Dapat menurunkan dan meningkatkan toleransi makanan 3. Buku Saku Patofiologi Edisi Revisi 3. Kamus Keperawatan edisi Kapita Selekta Kedokteran Jilid 2 Edisi 3. Remember me Forgot password?