ASKEP OSTEOPOROSIS PADA LANSIA PDF

Asuhan Keperawatan Keluarga Tn. Uploaded by .. Makalah Latihan Kognitif Pada Lansia askep-gerontik-pasien-osteoporosis. doc. untuk pasien lanjut usia di Sasana Tresna Werdha Jakarta. Data di- kumpulkan Komunikasi terapeutik berfokus pada rapeutik adalah asuhan keperawatan. pbl tua menopause osteoporosis estrogen hormon laporan pendahuluan osteoporosis pada lansia. Askep Osteoporosis. askep osteoporosisFull description.

Author: Totilar Targ
Country: Madagascar
Language: English (Spanish)
Genre: Education
Published (Last): 17 November 2004
Pages: 405
PDF File Size: 2.87 Mb
ePub File Size: 11.44 Mb
ISBN: 722-8-22113-935-1
Downloads: 20839
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: JoJozuru

Referat Estrogen Osteoporosis Full description. Referat – Osteoporosis Referat. Concepto,descripcion de la enfermedad,tratamiento. Leaflet Osteoporosis Leaflet Osteoporosis. Askep Osteoporosis askep osteoporosisFull description.

Referat Estrogen Osteoporosis

Pathway Osteoporosis pathway osteoporosisFull description. LP Osteoporosis laporan pendahuluan osteoporosis pada lansia. Ayu Mutiara G Febryla W.

Penurunan kepadatan tulang dengan akibat osteoporosis terjadi pada setiap gangguan poros hipotalamus-hipofisis-ovarium yang disebabkan defisiensi estrogen. Biaya pengobatan osteoporosis ternyata cukup tinggi.

Biaya ini terus meningkat. Namun, para ahli medis sekarang percaya bahwa sebagian besar osteoporosis dapat dicegah. Meskipun osteoporosis pernah dipandang terutama sebagai penyakit usia tua, sekarang dikenal sebagai penyakit yang dapat berasal dari kurangnya pertumbuhan tulang yang optimal selama masa kanak-kanak dan remaja, serta dari keroposnya tulang di kemudian hari Kosmin, Estrogen dalam hal ini dapat diberikan secara oral, transdermal, atau sebagai implan perkutan.

Estrogen adalah hormon seks yang memainkan peran penting dalam membangun dan memelihara tulang. Setelah menopause, kecepatan tingkat kehilangan kepadatan tulang serta jumlah estrogen yang dihasilkan oleh ovarium seorang wanita turun drastis National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Disease, Sebagaimana diketahui bahwa wanita menopause juga cenderung mengalami osteoporosis tulang rapuh.

Referat Estrogen Osteoporosis – PDF Free Download

Kekuatan tulang memiliki dua komponen utama, yaitu bone mass jumlah tulang dan kualitas lanaia. Osteoporosis merupakan penyebab utama patah tulang pada wanita menopause dan orang tua. Fraktur terjadi paling sering pada tulang pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan, tapi tulang apapun dapat terpengaruh.

Beberapa patah tulang dapat secara permanen melumpuhkan, terutama ketika terjadi di pinggul Joyce et al, Osteoporosis adalah penyakit tulang sistemik yang ditandai oleh penurunan densitas massa tulang dan perburukan mikroarsitektur tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Dalam kata lain Osteoporosis merupakan kelainan tulang umum yang ditandai dengan massa tulang rendah dan kerusakan mikroarsitektural jaringan tulang dengan kerentanan meningkat menjadi fraktur.

Kolaps vertebra pertama dapat dirasakan atau dilihat ketika seseorang merasakan sakit punggung yang parah, kehilangan tinggi badan, atau kelainan 5 tulang belakang seperti postur membungkuk. Tulang yang terserang osteoporosis dapat menjadi begitu rapuh, sehingga patah tulang terjadi secara spontan, atau sebagai akibat dari benjolan kecil, jatuh, ketegangan, dan tekanan seperti membungkuk, mengangkat, atau bahkan batuk National Institute of Arthritis and Musculosceletal and Skin Disease, Faktor Risiko Osteoporosis Osteoporosis merupakan penyakit dengan etiologi multifaktorial.

Adapun faktor yang lain yaitu: Obat-obatan kortikosteroid, antikonvulsan, heparin, siklosporin d. Tirotoksikosis, hiperparatiroidisme, gagal ginjal, gastrektomi Setyohadi, Patofisiologi Osteoporosis Tiga jenis sel ditemukan dalam tulang, yaitu osteoblas, osteoklas, dan osteosit.

Namun dari dekat, sumsum tulang memperlihatkan pengaruh jenis sel tulang yang memainkan peran penting baik dalam produksi sel osteogenik dan dalam regulasi modeling dan remodeling tulang. Osteoblas Osteoblas bertanggung jawab untuk pembentukan dan mineralisasi tulang. Osteoblas berasal dari sel-sel batang mesenchymal pluripotent, yang juga dapat dibedakan ke dalam kondrosit, sel lemak, myoblast, dan fibroblast.

  HET SLIMME ONBEWUSTE PDF

Osteosit Osteosit adalah sel-sel tulang pipih kecil dalam matriks dan yang terhubung satu sama lain dengan sel-sel osteoblastik pada permukaan tulang oleh jaringan kanalikular luas yang berisi cairan ekstra seluler tulang. Sel osteoklas kaya enzim lisosomal.

Leaflet Osteoporosis

Selanjutnya, enzim lisosomal termasuk kolagenase dan cathepsins dilepaskan dan mendegradasi matriks tulang. Apoptosis osteoklas merupakan faktor penentu penting dari aktivitas osteoklas. Pada keaadan normal tulang mengalami pembentukan dan absorbsi dalam suatu tingkat osteoporosiw konstan, kecuali pada masa petumbuhan kanak-kanak ketika terjadi lebih banyak pembentukan daripada absorbsi tulang. Bentuk tulang dapat disesuaikan dalam menanggung kekuatan mekanis yang semakin oateoporosis.

Perubahan tersebut juga membantu menjaga kekuatan tulang pada proses penuaan. Pembentukan tulang baru memerlukan matriks organik baru, sehingga memberi tambahan kekuatan pada tulang Michael, Klasifikasi Osteoporosis Osteoporosis dibagi menjadi 2 kelompok, osteoporosis primer dan sekunder.

Kemudian pada tahunRiggs dan Melton, membagi osteoporosis sekunder menjadi osteoporosis tipe I dan tipe II. Osteoporosis tipe I yaitu osteoporosis pasca menopause, disebabkan oleh defisiensi estrogen akibat menopause. Osteoporosis tipe II disebut juga osteoporosis senilis, disebabkan oleh gangguan absorbsi kalsium di usus sehingga menyebabkan hiperparatiroidisme sekunder yang mengakibatkan lqnsia osteoporosis.

Penurunan kadar estrogen akibat menopause akan meningkatkan produksi berbagai sitokin, antara lain: Menopause juga menyebabkan penurunan absorbsi kalsium di usus dan peningkatan ekskresi kalsium di ginjal. Patogenesis Osteoporosis Tipe II Pada usia lanjut, dekade ke delapan dan sembilan, terjadi ketidakseimbangan remodeling tulang, dimana resorpsi tulang meningkat, sedangkan formasi tulang tidak berubah atau menurun.

Definisi Pda Estrogen adalah sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai hormon seks wanita. Walaupun terdapat baik dalam tubuh pria maupun wanita, osteoporois jauh lebih tinggi dalam tubuh wanita usia subur. Tiga jenis 10 estrogen utama lajsia terdapat secara alami dalam tubuh wanita adalah estradiol, estriol, dan estron.

Di dalam tubuh, ketiga jenis estrogen tersebut dibuat dari androgen dengan bantuan enzim. Estradiol aksep dari testosteron, sedangkan estron dibuat dari androstenadion. Estron bersifat lebih lemah daripada estradiol, dan pada wanita pascamenopause estron ditemukan lebih banyak daripada estradiol. Berbagai zat alami maupun buatan telah ditemukan memiliki aktivitas osteopotosis mirip estrogen. Zat buatan yang bersifat seperti estrogen disebut xenoestrogen, sedangkan bahan alami dari tumbuhan yang memiliki aktivitas seperti estrogen disebut fitoestrogen Ryan, Sintesis Estrogen Estrogen diproduksi terutama dengan mengembangkan folikel di ovarium, korpus luteum, dan plasenta.

Hormon Luteinizing LH merangsang produksi estrogen di ovarium. Beberapa estrogen juga diproduksi dalam jumlah yang lebih kecil dengan jaringan lain seperti hati, kelenjar adrenal, dan payudara. Sumbersumber sekunder estrogen terutama penting pada wanita menopause. Pada wanita, sintesis estrogen dimulai dalam sel-sel lsteoporosis interna di ovarium, oleh sintesis androstenedione dari kolesterol.

Androstenedione adalah zat aktivitas androgenik moderat. Senyawa ini melintasi membran basal ke dalam sel granulosa sekitarnya, di mana ia diubah ke estrone atau estradiol, baik langsung atau melalui testosteron.

Konversi testosteron untuk estradiol, dan androstenedion untuk estrone, dikatalisis oleh enzim aromatase. Estradiol tingkat bervariasi melalui siklus haid, dengan tingkat tertinggi sebelum ovulasi American Society for Reproductive Medicine, Metabolisme Estrogen Metabolisme estrogen terjadi di beberapa daerah tubuh, namun yang utama adalah liver dan gastrointestinal jaringan. Ada banyak jalur biokimia, yang menyebabkan osteoporlsis estrogen.

  HOFMANNSTHAL CHANDOS BRIEF PDF

Pada gilirannya, estrone yang dapat berasal dari androstenedione atau estradiol dimetabolisme lebih lanjut menjadi 2-hydroxyestrone atau 16alfahydroxyestrone. Oleh karena itu bentuk estrogen konjugasi dapat segera dikeluarkan melalui empedu, kotoran dan urine.

Para konjugat glukuronat diekskresikan dalam urin lebih cepat dibandingkan sulfat. Cara lain metabolisme estrogen dicapai adalah dengan sistem pencernaan. Berikut ini reaksi hydrolyzation dalam usus yang baik estrogen diekskresikan dalam tinja atau diserap ke dalam sirkulasi portal. Setelah reabsorbsi berlangsung, estrogen tersebut terhidrolisis dimetabolisme oleh hati lagi dan dilepaskan ke dalam empedu atau tinggal di sirkulasi dan merangsang target.

Hidrolisis estrogen-glucoronides ini dilakukan oleh enzim bakteri yang disebut beta-glucuronidase. Enzim ini dilakukan dalam beberapa bakteri usus yang kurang baik. Namun, beberapa suplemen gizi, diet dan antibiotik dapat mempengaruhi tingkat aktivitas enzim ini Adlercreutz et al, 20 Sementara wilayah ini mampu mengaktifkan transkripsi gen tanpa ligan, aktivasi ini lemah dan lebih selektif dibandingkan dengan aktivasi yang disediakan oleh domain E.

Domain D adalah engsel wilayah yang menghubungkan domain C dan E. Domain E berisi rongga mengikat ligan serta situs mengikat protein coactivator dan corepressor. E-domain di hadapan ligan 13 terikat mampu mengaktifkan transkripsi gen. Setidaknya tiga ER alpha dan lima ER beta isoform telah diidentifikasi. Dua lainnya ERalpha isoform adalah 36 dan 46kDa. Hanya pada ikan, tetapi tidak pada manusia, suatu reseptor ERgamma telah ditemukan. Estrogen tersedia askkep sediaan oral Premarin, Estrace, dan lain-lain atau sebagai patch kulit Estraderm, Vivelle, dan lain-lain Dennis, Hormone replacement therapy atau yang diterjemahkan sebagai terapi sulih hormon didefinisikan sebagai: Terapi pengganti estrogen yang digunakan untuk pengobatan yang disetujui FDA odteoporosis untuk mencegah osteoporosis.

Namun, jika ada riwayat pernah menjalani histerektomi, pengangkatan rahim, atau terlahir tanpa rahim, dengan aman dapat digunakan estrogen saja karena tidak memiliki risiko kanker rahim Pauline, Di Indonesia, terapi sulih hormon diberikan hanya pada pasien padaa dengan keluhan terkait defisiensi estrogen yang mengganggu atau adanya ancaman osteoporosis dengan lama pemberian maksimal 5 tahun Dennis, Saat ini, obat paling efektif untuk osteoporosis yang disetujui oleh FDA adalah agen-agen antiresorptive, yang mengurangi pemindahan kalsium dari tulang.

Osteoporosis terjadi ketika kecepatan resorpsi tulang melebihi tingkat rebuilding pembentukan kembali tulang. Termasuk kedalamnya alendronate, risedronate, raloxifene, ibandronatekalsitonin, zoledronate, dan Denosumab Dennis, Sebaliknya, raloxifene berperilaku sebagai osteoporosie di kedua jaringan.

Tampaknya raloxifene yang lebih kuat merekrut co-represor protein dan akibatnya masih merupakan antagonis dalam rahim meskipun tinggi konsentrasi co-aktivator relatif terhadap co-represor.

Cara Pemberian Sulih hormon dapat berisi estrogen saja atau lasnia dengan progesteron. Pilihan rejimen yang digunakan bergantung pada riwayat histerektomi. Rejimen Osteoporosid, yang hanya mengandung estrogen Rejimen ini bermanfaat bagi wanita yang telah menjalani histerektomi.

Estrogen diberikan setiap hari tanpa terputus. Rejimen II, yang mengandung kombinasi antara estrogen dan progesteron. Lebih sesuai diberikan pada perempuan pada usia pra atau perimenopause yang masih menginginkan siklus haid.